Tips Perawatan Batu Bacan

Advertisement
Tips Perawatan BatuBacan -  Batu bacan memiliki corak dan warna yang memukau jika dibandingkan dengan jenis batu yang lain. Jenis batu ini semakin meningkat pamornya seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk memilikinya. Oleh karena itu, bagi pemilik permata batu bacan yang indah alangkah lebih baiknya jika didukung oleh cara perawatan yang baik. Dengan begitu, kualitas batu bacan akan tetap terjaga. Tidak hanya kualitasnya, keindahan batu bacan dengan keunikannya juga tidak akan mudah pudar.

Perawatan batu bacan hampir sama dengan cara perawatan jenis batu yang lain. Untuk perawatan awal, batu bacan harus dibersihkan dengan menggunakan air sabun. Air sabun tersebut digosok-gosokkan ke dalam batu bacan sehingga membuat kilau permata menjadi lebih bersinar. Tidak hanya itu, untuk membuat tampilan batu menjadi lebih mengkilap maka tambahan minyak zaitun atau minyak telon dapat diberikan pada lapisan batu. Dengan begitu, maka tampilan batu bacan akan terlihat lebih berkilau dan mengkilap. Itu salah satu perawatan sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas batu bacan.


Permata bacan termasuk jenis kristal yang memiliki tingkat kebeningan yang cukup baik. Oleh karena itu, tampilan kristal yang keruh tentu dapat mengurangi keindahan dari tampilan batu bacan. Semakin keruh batu bacan maka kualitasnya dapat dikatakan menurun. Oleh karena itu, perawatan batu bacan sebaiknya dilakukan secara rutin agar hasil yang didapatkan pun menjadi maksimal. Berbagai perawatan batu bacan dapat dilakukan, salah satunya dengan rutin mengecek tingkat kekeruhannya. Batu bacan yang memiliki kualitas yang baik tentu harga jualnya akan lebih tinggi. Itulah salah satu keuntungan yang akan didapatkan.

Harga jual batu bacan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal itu dipengaruhi oleh tingginya minat masyarakat untuk memiliki jenis batu bacan.


Harga jual yang diberikan pun bermacam-macam dari kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut tergantung dari kualitas dan tampilan batu bacan yang ditawarkan. Semakin berkualitas batu bacan yang ditawarkan maka harga jualnya akan semakin tinggi juga. Itulah faktor yang mempengaruhi nilai jualnya.

Keindahan yang dimiliki batu bacan dipengaruhi proses batu bacan yang dapat berubah warna. Warna batu bacan yang semula gelap dan kehitaman lama kelamaan dapat berubah menjadi warna lain yang lebih cerah. Kecerahan warna tersebut dipengaruhi oleh proses alami yang terdapat di dalam batu. Oleh karena itu, tidak heran jika jenis batu bacan dapat dikatakan unik dan menarik. Tidak semua batu dapat mengalami proses alami yang sama. Hanya beberapa jenis batu saja yang memiliki keistimewaan untuk mengalami perubahan warna yang dipengaruhi oleh keadaan warna benda yang ada di sekitarnya. Batu bacan memang batu yang indah dan menarik. 
Advertisement
Advertisement