Berkenalan Dengan Batu Kalimaya Black Opal, Jenis Batu Kalimaya Termahal

Jenis batu kalimaya Banten adalah jenis batu mulia yang paling digemari para akik lover saat ini. Pasalnya, selain memiliki tekstur yang memikat, batu ini juga tergolong langka. Kalimaya Banten tidak bisa disamakan dengan kalimaya lain seperti kalimaya Australia atau Afrika. Karena dicari dengan cara sederhana, batu akik kalimaya dari Banten memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding kalimaya daerah lain. Di Indonesia pun, batu akik kalimaya hanya bisa didapatkan di daerah Banten.

Jika di luar negeri batu kalimaya populer disebut sebagai batu opal yang biasa digunakan sebagai mata liontin, maka kalimaya justru lebih sering digunakan sebagai batu cincin di Indonesia. Memiliki sebuah cincin kalimaya bisa menambah rasa percaya diri pemakainya, karena batu ini memang dipercaya berkhasiat sebagai peningkat rasa percaya diri. 

Jenis batu cincin kalimaya Banten asli Indonesia ini ada beberapa jenis, diantaranya:

  • Batu kalimaya bening; memiliki tekstur warna bening dengan titik-titik berwarna pelangi di dalamnya.
  • Batu kalimaya pelangi; memiliki tekstur tidak sebening kalimaya bening atau kalimaya Kristal, namun memiliki garis-garis biasan pelangi yang lebih tampak kentara.
  • Batu kalimaya susu; jenis kalimaya yang berwarna putih bersih seperti air susu.
  • Batu kalimaya teh; tekstur batu ini bening, namun memiliki semburat kecoklatan.
  • Batu kalimaya air kelapa; berwarna putih sedikit buram, bila dibandingkan dengan kalimaya susu.
  • Batu kalimaya black opal atau hitam; merupakan jenis kalimaya terlangka, memiliki warna hitam pekat dan sangat keras.
Contoh-contoh gambar batu akik kalimaya




Jika dilihat dari list diatas, jenis batu kalimaya termahal memang batu kalimaya black opal. Batu satu ini digadang-gadang merupakan batu langka dan tidak bisa didapatkan dengan cara sembarangan. Sebagai batu mahal, tentu saja kalimaya memiliki banyak potensi untuk dipalsukan. Karena itulah, batu kalimaya hitam atau black opal harus diamati dengan seksama untuk membuktikan keaslinnya. Dengan bandrol harga ratusan juta per bongkah, tentu saja Anda tidak bisa asal membeli batu satu ini. Salah-salah bukan rasa percaya diri yang didapat, justru kekecewaan tiada tara.

Batu kalimaya black opal sebenarnya tidak hanya bisa didapatkan di Banten saja. Di Afrika juga terdapat jenis batu kalimaya hitam yang kabarnya hampir sama dengan batu kalimaya hitam Banten. Namun usut punya usut setelah diamati ternyata kilau batu ini tidak secantik kalimaya black opal Banten. Hal ini disebabkan kalimaya Banten memiliki kadar mohs yang lebih tinggi dan lebih keras dibanding kalimaya hitam dari Afrika. Kalimaya Afrika yang tidak semenawan kalimaya black opal asli Banten ini akhirnya lebih populer dengan sebutan batu kalimaya Kristal kopi.

Jenis batu kalimaya memang cukup banyak, dan bisa menjadi pilihan alternatif bagi selera Anda masing-masing. Sejak dahulu, batu satu ini dikenal sebagai batu yang bisa menyimpan kekuatan sihir atau magis, karena itu tidak bisa sembarang digunakan. Bahkan di Banten sendiri juga beredar mitos bahwa Kalimaya tidak bisa ditemukan oleh sembarang orang. Seorang yang berjodoh untuk menemukan bongkahan batu kalimaya kabarnya akan melihat sinar memancar dari batu itu. 
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Berkenalan Dengan Batu Kalimaya Black Opal, Jenis Batu Kalimaya Termahal"

Advertisement