Kalimaya Black Opal Banten Sejarah dan Kegunaannya

Batu akik atau batu permata saat ini mendadak begitu fenomenal di Indonesia dan dunia. Ada banyak batu akik di dunia ini dan salah satu batu dengan jenis yang terbaik di dunia saat ini adalah batu kalimaya black. Batu kalimaya adalah sebuah batu yang sangat dikenal karena keindahannya dengan karakteristik batu yang berwarna hitam berhiaskan corak warna-warni yang indah mengkilat dan cerah membuat batu ini sangat dicari warga dunia. Di dunia batu permata Opal yang sangat terkenal adalah batu Opal dari Australia. Bahkan Australia hingga saat ini adalah penghasil batu akik terbesar di dunia dimana negara ini mampu memasok batu opal dunia hingga 90 persen.




Untuk kali ini yang akan kita bahas sendiri adalah batu opal Banten. Di Indonesia batu opal ini dikenal sebagai batu kalimaya. Hal ini tidak lepas dengan lokasi pertama batu ini ditemukan yakni di sebuah kali Maja yang berada di kabupaten Lebak Provinsi Banten. Kalimaya maja memang tidak seterkenal batu kalimaya Australia di Dunia. 

Namun batu ini tidak kalah kualitasnya dengan batu kalimaya dari Australia bahkan harga batu kalimaya Banten ini juga tidak kalah mahalnya. Karena adanya batu kalimaya di Banten memang membuat ekonomi masyarakat Banten meningkat. Meski demikian, mereka juga tidak melakukan penambangan berlebih karena memang jumlah batu yang tidak sebanyak di Australia.

Batu kalimaya ini juga dikenal memiliki mitos dan juga manfaat yang dipercaya oleh beberapa orang. Beberapa orang percaya jika kalimaya opal memiliki khasiat untuk membuat orang lebih terlihat berwibawa. Tidak hanya itu, dengan memakai batu ini orang juga percaya jika mereka bisa mendapatkan kekebalan dari berbagai hantaman senjata tajam. 

Selain itu batu ini juga dipercaya bisa menolak bala dan menghindari dari berbagai gangguan jin, ilmu hitam, pelet dan lainnya. Batu ini juga dipercaya bisa memiliki daya pikat baik untuk mendapatkan wanita hingga daya pikatnya dalam hal usaha agar lebih sukses.

Tidak hanya manfaat batu kalimaya juga memiliki mitos negative untuk para pemakainya. Batu ini dipercaya sebagai batu yang cocok-cocokan bagi beberapa orang yang tidak cocok dengan batunya bisa mendatangkan mala petaka. Selain itu, orang juga percaya jika batu ini tidak bisa dipakai oleh wanita karena bisa membuatnya menjadi lebih nakal. 


Bahkan bagi orang china batu ini bisa mendatangkan bencana untuk sebuah keluarga. Bahkan berdasarkan mitos ada seorang bangsawan Eropa yang memakai batu ini yang kemudian meninggal karena kalimaya black opal Banten yang ia kenakan terkena air yang suci.


Itulah sedikit sejarah dan juga mitos yang mengiringi hadirnya dan adanya batu kalimaya di dunia. Batu ini adalah batu yang sangat diburu karena memang memiliki kelebihan dan juga keindahan yang sangat menggoda mata. Namun tidak sedikit juga orang yang justru menghindari batu ini karena takut akan mitos negatif yang juga mengiringi batu ini. Meski demikian memang batu kalimaya hitam Banten adalah salah satu batu paling indah dan sangat tepat untuk dikoleksi.
Advertisement
Advertisement