Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Kalimaya, Kilau Cantik Opal dari Banten

Batu Kalimaya, Kilau Cantik Opal dari BantenAda beberapa jenis batu opal atau lebih dikenal dengan batu kalimaya di Indonesia, salah satunya adalah kalimaya maja. Batu mulia cantik ini dikenal dengan nama kalimaya karena ditemukan pertama kali di kali/sungai Maja yang mengalir di daerah Maja yang terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Batu opal asal Banten ini dikenal sebagai salah satu jenis kalimaya terbaik di dunia. Batu kalimaya maja mempunyai kilau warna lebih hidup atau dikenal juga dengan kilau kembang. Salah satu keistimewaannya adalah warnanya tidak mudah luntur walaupun dalam jangka waktu yang lama.


Batu kalimaya opal merupakan batu mulia yang mempunyai sifat optic unik yang tiada duanya di dunia. Batu mulia Indonesia ini kaya akan warna yang diakui lebih bagus jika dibandingkan dengan hasil penambangan di negara lain seperti Afrika, Brazil dan Australia. Istilah opal sendiri dikenal dari istilah Yunani yaitu kata "Opillos". Opillos memiliki makna melihat atau perubahan dalam Bahasa Yunani. Bisa jadi ini mengacu pada karakteristik batu mulia ini yang bisa berubah warna saat terkena cahaya secara langsung.

Batu kalimaya Indonesia dikenal memiliki berbagai warna, seperti warna hitam, kuning, cokelat, ungu, biru, juga putih yang berwarna-warni. Salah satu dari jenis batu mulia ini yang banyak dicari kolektor adalah batu kalimaya yang menghasilkan spektrum warna pelangi dalam pancaran warnanya. Namun mencari batu kalimaya pelangi asli ini tidaklah mudah. Selain karena proses menambangnya tidak mudah, jenis batu ini juga memerlukan proses yang lama untuk bisa menghasilkan batu yang berkualitas istimewa. Jika sudah terbentuk sempurna, batu ini mampu memancarkan spektrum warna pelangi yang sangat indah. Tidaklah berlebihan jika banyak orang yang menganggap batu ini sebagai batu terindah yang ada di dunia.

Batu kalimaya dengan karakteristiknya yang istimewa dihargai sangat tinggi di pasaran. Tentu saja range harganya sangat tergantung dengan kondisi masing-masing batu, baik ukuran, warna yang terhasilkan dan berbagai karakteristik lainnya. Jika ditemukan batu kalimaya murah, sangat mungkin hal itu terkait dengan kualitasnya. Bisa jadi kualitas batu tersebut tidak terlalu bagus sehingga dihargai dengan harga yang lebih rendah. Harga menjadi murah juga tidak terlepas dari kemungkinan bahwa batu tersebut adalah batu imitasi bukan yang asli.



Keindahan batu kalimaya yang terkenal di dunia menyebabkan harga batu ini sangat mahal. Hal ini menarik beberapa pihak untuk membuat tiruan dari batu mulia ini. Batu kalimayasintetis ini dibuat oleh pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan euforia penggemar batu kalimaya. Agar tidak tertipu, Anda perlu jeli membedakan antara kalimaya asli dan sintetis. Kalimaya sintetis kebanyakan memiliki warna yang lebih mencolok dibandingkan dengan yang asli. Jika Anda masih ragu, maka melakukan tes laboratorium untuk membuktikan keaslian batu tersebut sangat dianjurkan.