Batu Kalimaya Nan Cantik

Batu Kalimaya Nan CantikSiapa yang tak mengenal batu kalimaya? Batu akik yang berasal dari Provinsi Banten ini memiliki peminat yang cukup banyak. Batu kalimaya dikenal karena memiliki kekhasan kristal yang memiliki kilau yang terlihat sempurna. Jenis batu akik ini memiliki kilau kristal yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tidak heran jika peminat batu akik ini sangatlah banyak. Ada berbagai jenis batu kalimaya, salah satunya batu kalimaya kristal. Jenis batu akik ini memiliki kilau yang hampir sama dengan kristal. Kilau yang indah tersebut membuat batu akik ini dinamakan mirip dengan sifat kristal.

Batu Akik Kalimaya

Jenis lain dari batu kalimaya adalah batu kalimaya kopi. Jenis batu ini dinilai unik karena memiliki tampilan yang hitam legam dan mirip dengan warna kopi. Warna tersebut menimbulkan kesan elegan dan unik. Jenis batu akik ini memiliki tekstur yang lembut dengan retakan-retakan yang berada di sekelilingnya. Tingkat kekerasan yang dimilikinya juga cukup baik yaitu berkisar antara 5,5 hingga 6,5 mohs. Tingkat kekerasan tersebut menunjukkan bahwa jenis batu ini cukup kuat dan tahan terhadap benturan.

Jenis batu kalimaya yang lain adalah batu kalimaya India. Sesuai dengan namanya, jenis batu kalimaya ini berasal dari India. Keindahan batu kalimaya India terlihat dari tampilannya yang menunjukkan kilau seperti pelangi. Batu yang bening dan memiliki serat yang berwarna-warni membuat tampilan batu kalimaya menjadi unik. Keunikan tersebut tentu saja membuat jenis batu akik ini menjadi langka dan memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan jenis batu akik yang lain.

Bagi penggemar batu kalimaya, kekhasan yang dimiliki batu kalimaya jarong menjadi salah satu hal yang menarik. Alasannya karena tampilan kembang jarong yang terdapat di dalam batu kalimaya sulit untuk ditemukan. Jenis batu kalimaya ini awalnya berasal dari perubahan batu kalimaya black opal. Untuk mengeluarkan kembang jarong dari batu kalimaya black opal maka harus dibuat perlakuan khusus. Batu kalimaya tersebut harus direndam dalam air hujan selama beberapa waktu. Setelah itu, dilakukan proses penjemuran di bawah terik matahari selama beberapa jam. Jika kembang jarong belum juga muncul dari dalam batu akik, maka batu harus digosok dengan menggunakan serbuk intan atau amplas.

Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

Jenis batu kalimaya lain yang tidak kalah unik dan cantik adalah batu kalimaya Kalimantan. Jenis batu kalimaya ini memiliki kilau dengan bias warna pelangi. Warna pelangi tersebut juga terlihat pada warna background batu akik dengan aneka macam warna yang menarik. Keindahan warna yang dimiliki batu akik ini membuat penggemarnya selalu memburu jenis batu ini dengan harga yang cukup tinggi. Kisaran harga yang ditawarkan dapat mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa peminat batu akik jenis ini sangatlah banyak. 
Advertisement
Advertisement