Batu Kalimaya Pelangi, Permata Cantik dari Banten

Batu Kalimaya Pelangi, Permata Cantik dari BantenBatu permata kalimaya merupakan salah satu primadona yang banyak diburu para kolektor batu. Karakteristik yang unik menjadi daya tarik kuat yang bisa membuat mata yang memandang jatuh hati. Para penggemar batu pun tak segan untuk merogoh kocek mereka dalam-dalam demi mendapatkan batu yang disinyalir merupakan salah satu jenis batu terbaik yang ada di mayapada ini. Batu mulia Indonesia ini mampu mengungguli kualitas batu opal dari negara lainnya seperti Brazil, Afrika, dll. Baik pria maupun wanita banyak yang gandrung dengan batu yang terkenal indah ini.


Batu mulia ini dikenal juga di masyarakat sebagai batu opal. Banyak ditemukan di sekitar Kali Maja/Sungai Maja di daerah Rangkas Bitung, Lebak, Banten, batu opal kalimaya Banten ini mampu menarik perhatian pecinta batu dunia. Karakteristiknya yang unik menjadi faktor terkuat para kolektor mencarinya. Batu ini termasuk dalam kategori batu terbaik bukan saja di Indonesia, tapi juga di level dunia. Ada beberapa jenis batu kalimaya. Beberapa yang terkenal adalah kalimaya teh, kalimaya pelangi, kalimaya kristal kelapa, kalimaya black opal, dll.

Salah satu yang terbaik dari batu kalimaya adalah jenis batu kalimaya pelangi. Batu ini mempunyai titik-titik cahaya yang berwarna-warni, namun sangat berbeda dengan jenis kalimaya yang lain. Pada kalimaya pelangi sinar yang terhasilkan bukan hanya berupa titik kecil saja tetapi berupa semburat kilauan cahaya beraneka macam yang terlihat seperti pelangi. Spektrum cahaya yang sangat indah inilah yang mampu membuat banyak hati takluk.

Batu eksotik ini terkenal di manca negara sebagai batu yang memiliki tekstur yang agak kasar namun memiliki kilau cahaya yang lebih hidup dan tahan lama. Warna ini tak akan memudar walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, banyak yang menyebut batu ini sebagai rajanya batu permata. Batu yang terkenal dengan keindahan permainan warnanya ini diminati kalangan biasa sampai kalangan bangsawan. Bahkan sejak jaman dahulu para bangsawan di Eropa mengincar batu indah ini untuk dijadikan perhiasan. Tak heran jika para penggemar batu menjadikan batu kalimaya termahal dibanding batu jenis lainnya di Indonesia. Harga batu ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti ukuran, jenis, tingkat kilau cahaya yang dihasilkan, banyak sedikitnya jarong/kembang cahaya yang terbentuk, dsb.


Batu permata kalimaya Banten perlu dirawat dengan hati-hati. Batu yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemakainya ini termasuk dalam kategori batu yang lembek karena tingkat kekerasannya berkisar antar 5-6 skala mohs. Batu ini memiliki kandungan air sekitar 5-6 persen. Jika kandungan airnya sangat rendah, batu ini bisa retak atau pecah dengan sendirinya. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk membasahi batu ini menggunakan minyak baby agar kandungan air yang terdapat pada lubang mikroskopiknya tetap terjaga. Selain itu, sangat dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung mengenainya.
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Batu Kalimaya Pelangi, Permata Cantik dari Banten"

Advertisement