Batu Kalimaya Teh, Si Cantik dari Banten

BatuKalimaya Teh, Si Cantik dari BantenBatu mulia kalimaya merupakan salah satu jenis batu yang banyak diburu oleh para penggemar batu. Batu cantik ini terkenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Bahkan batu kalimaya Indonesia disinyalir merupakan batu opal terbaik di dunia. Karakteristiknya yang sangat memikat dengan kilau warnanya yang tak tertandingi menjadikannya primadona di dunia batu. Batu mulia ini sangat cocok sebagai pemanis jari, dijadikan bentuk liontin ataupun bentuk perhiasan yang lain.

Batu Akik Kalimaya Banten

Batu yang dikenal juga dengan nama batu opal ini memiliki ciri unik yang berbeda dibanding batu mulia yang lain. Batu opal kalimaya sangat terkenal dengan keindahan warnanya yang beraneka macam. Spektrum warna yang terhasilkan oleh batu ini lebih kaya dibanding dengan spektrum warna pada berlian. Inilah salah satu karakteristik dari batu mulia ini yang menyebabkan harganya dibanderol sangat mahal. Meski begitu para kolektor tak segan untuk terus memburunya.

Salah satu jenis dari batu kalimaya adalah batu kalimaya teh. Batu ini mempunyai warna dasar seperti teh, yaitu agak keruh kecoklatan dengan titik-titik kilau atau kembang jarong yang menghiasi. Banyak yang percaya bahwa jenis batu ini memiliki efek positif bagi pemakainya. Beberapa diantaranya mempercayai bahwa batu ini mampu menghalau efek magis yang negatif dan mampu menarik keberuntungan bagi pemakainya. Namun tentu saja ini kembali kepada kepercayaan kita masing-masing. Yang jelas batu mulia ini telah berhasil menawan begitu banyak pecinta batu baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan keindahannya yang menakjubkan.

Batu mulia ini banyak ditemukan di daerah Banten. Batu kalimaya teh Banten memiliki tingkat kekerasan pada kisaran 5.5 hingga 6.5 skala mohs. Tingkat kekerasan ini biasanya digunakan untuk mengetahui keaslian dari batu. Karena seringkali ditemukan batu kalimaya palsu yang dibuat oleh mereka yang tak bertanggung jawab. Selain tingkat kekerasan, serat-serat alami yang terdapat pada batu juga digunakan sebagai pembeda antara kalimaya asli dan yang palsu.

Batu Akik Kalimaya Banten

Pada batumulia kalimaya Banten yang asli, serat-seratnya terlihat jelas. Batu kalimaya palsu justru kelihatan bening tanpa serat. Batu kalimaya juga tahan terhadap panas. Batu yang banyak ditemukan di sepanjang kali Maja, Banten ini mempunyai kilau warna yang hidup. Pada batu yang masih muda, titik-titik kilau ini belum begitu muncul. Sehingga perlu treatment tersendiri untuk membuatnya terlihat. Dengan keistimewaannya batu mulia ini menempati posisi teratas deretan batu mulia istimewa di dunia. 

Oleh karena itu, wajar jika banyak tangan tak bertanggung jawab yang mencoba menarik keuntungan dari kondisi ini dengan membuat batu kalimaya palsu. Maka dari itu, disarankan untuk berhati-hati sebelum membeli. Telitilah terlebih dahulu keaslian dari batu agar tak kecewa di kemudian hari. 
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Batu Kalimaya Teh, Si Cantik dari Banten"

Advertisement