Batu Kalimaya, Pesona Kilau Opal Indonesia

Batu Kalimaya, Pesona Kilau Opal IndonesiaBatu Kalimaya merupakan salah satu primadona batu mulia di Indonesia. Batu permata ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama batu opal. Ada banyak jenis dari batu kalimaya, salah satunya adalah jenis kalimaya susu. Batu kalimaya susu memiliki warna dasar putih seperti susu. Seperti halnya jenis kalimaya yang lainnya, kalimaya susu memiliki ciri khas yang tak dipunyai batu permata lainnya yaitu kombinasi berbagai macam warna. Dengan serat-serat alami yang khas, batu ini terlihat memukau dengan kemampuannya memancarkan spektrum cahaya berwarna-warni.




Batu kalimaya jenis lainnya yang tak kalah terkenal adalah black kalimaya atau black opal. Batu yang berasal dari daerah sekitar kali/sungai Maja di daerah Lebak, Banten ini saat ini menjadi primadonanya kalimaya. Karakteristiknya yang sangat menawan membuatnya sangat populer di kalangan pecinta batu. Batu dengan latar belakang warna hitam dengan jarong/kembang warna-warni yang tampak begitu kontras. Kekontrasan inilah yang membuat batu ini terlihat sangat memukau.

Black opal kalimaya Banten merupakan jenis kalimaya paling populer dibanding kalimaya jenis lainnya. Keunikan batu ini sangat terlihat saat batu ini terpapar cahaya. Black opal bukan saja mampu memancarkan kembang jarong yang unik. Batu ini juga memancarkan warna ungu dan biru dengan pancaran yang jauh lebih terang. Banyak orang yang menganggap warna-warna ini adalah warna yang langka. Karakteristik ini berbeda dengan black opal yang dihasilkan di belahan dunia lain.

Meskipun tingkat kekerasannya tergolong rendah, karakter black opal tetap kuat dan tak mudah rapuh ketika tergores benda lain. Hal ini yang membedakannya dengan batu sintetis berbahan dasar kaca atau kristal yang mudah tergores saat terbentur benda lain. Batu ini memiliki serat halus yang terlihat kasat mata, serta pori-pori yang tak nampak di permukaan. Bagian permukaan dari batu unik ini akan terlihat sangat mengkilap seperti keramik jika kita berhasil membentuknya.

Proses pembentukan black opal tidaklah mudah, terutama proses mengeluarkan jarongnya. Cara mengeluarkan jarong kalimaya yang sering dilakukan antara lain dengan pembakaran, dengan pemanasan, perendaman dan juga penjemuran. Proses yang diperlukan juga tergolong lama. Ada yang tiga bulan sudah nampak, namun ada juga yang bertahun-tahun baru nampak. Maka sangat diperlukan kesabaran dan ketekunan jika Anda mau memproses black opal sendiri. 


Berikut salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengeluarkan jarong dari black opal. Pertama, masukkan batu ke dalam wadah tertutup, contohnya bekas botol selai. Setelah itu masukkan air hujan atau air kelapa ke dalam wadah tersebut, tutup wadah dengan rapat. Selanjutnya jemurlah wadah yang berisi air dan black opal tersebut di bawah sinar matahari dari jam 12.00 sampai jam 14.00. Selanjutnya, simpan wadah tersebut di tempat yang tidak terkena sinar atau lampu, misalnya di lemari atau di kolong tempat tidur. Cek setiap seminggu sekali. Ulangi proses ini sampai terlihat jarong yang diinginkan.


Tags : batu kalimaya susu, black kalimaya, black opal kalimaya banten, cara mengeluarkan jarong kalimaya
Advertisement
Advertisement