Peluang Bisnis Budidaya Belut Berkualitas

Budidaya belut lahan sempit saat ini menjadi incaran bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Kita tahu sendiri bahwa harga jual belut memang tinggi, sehingga ada sebagian orang yang memanfaatkan lahan sempit untuk membudidayakan belut. Mereka cukup pintar menangkap peluang bisnis di lahan basah seperti ternak belut, peluangnya masih besar dan pelaku bisnis ini masih sedikit. 

Sebab sebagian besar menganggap belut susah dibudidayakan, karena mereka belum mencobanya. Berbeda halnya jika kita melihat peluang dan langsung action, tentu akan belajar banyak dari proses yang dilewati. Termasuk belajar dari kegagalan supaya bisa berhasil mengembang biakkan belut, menghasilkan benih dan budidaya belut berkualitas yang mempunyai nilai jual tinggi.   

Belut Berkualitas Siap Ekspor

Belut hasil budidaya kolam apabila pada masa budidaya benar-benar terawat dan tercukupi pakannya, maka bisa maksimal ukurannya. Itulah yang disebut belut berkualitas dan sudah siap untuk diekspor ke mancanegara. Jika sudah demikian tidak diragukan lagi pundi-pundi uang akan mengalir dari budidaya belut. Tetapi untuk bisa mencapai ke tahap seperti ini kita harus sabar dan belajar bagaimana cara budidaya yang tepat




Bukan hal yang mudah dan cepat jika ingin bisa budidaya belut kualitas ekspor, pengalaman Anda akan menjadi guru yang terbaik supaya bisa sukses dari budidaya belut. Anda akan menguasai cara membuat kolam yang ideal, perawatan yang sehat dan pakan yang berkualitas. Sehingga bisa menghasilkan panen yang memuaskan memenuhi standar pasar belut untuk di ekspor.
Banyak daerah yang terkenal dengan hasil belutnya, daerah tersebut belut menjadi komoditas utama. Sebab sudah terorganisir dan diwadahi dalam kelompok atau juga koperasi. Sehingga hasil dari budidaya belut bisa memakmurkan keluarga dan memakmurkan masyarakatnya karena memiliki lapangan kerja miliknya sendiri. 

Sebagai contoh adalah budidaya belut Lamongan, daerah tersebut menjadi salah satu penghasil belut, karena budidaya belut sudah menjadi pencaharian mereka dan mampu memberi nafkah lebih berkat keuntungan dari budidaya belut. Hasil budidaya belut Lamongan dipasarkan disekitar Lamongan dan ada juga yang memiliki kualitas tinggi untuk di ekspor seperti ke Jepang dan beberapa negara di Eropa.
Di Jawa Timur ada lamongan sebagai penghasil belut berkualitas. Maka di Sumatra tepatnya di Lampung juga merupakan penghasil Belut berkualitas. Jenis belut di Lampung berbeda dan ukuran fisik belut termasuk cepat besar. Sehingga banyak petani atau pelaku budidaya belut yang mencari bibit belut siap bertelur untuk mendapatkan benih, kemudian dilakukan pemijahan dan sebagainya. 


Budidaya belut Lampung memang lebih menjanjikan karena banyak belut hasil panennya yang diekspor ke luar negeri. Cara ternaknya juga bermacam-macam, mulai dari memanfaatkan alam dan membuat kolam buatan yang diberi lumpur. Pada bagian dasar Kolam buatan didesain semirip mungkin dengan habitatnya aslinya.
Saat ini permintaan belut di pasar masih sangat tinggi, belum di imbangi dengan jumlah belut yang ada di petani maupun di alam liar. Pelaku usaha belut kolam selama ini masih kewalahan menerima pesanan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini menandakan bahwa peluang bisnis belut masih sangat terbuka. 

Jadilah Anda salah satu pengusaha sukses budidaya belut, belajarlah mulai dari sekarang. Jangan pernah takut gagal dan mengawali bisnis ini tidak harus dengan modal besar. Saat ini juga mulai ada yang budidaya belut laut, jika Anda tinggal didaerah pesisir maka bisa memanfaatkan peluang tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda. 
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Peluang Bisnis Budidaya Belut Berkualitas "

Advertisement