Budidaya Belut Kemitraan Klaten Jauh Lebih Menguntungkan

Kini hewan belut tidak lagi menjadi hewan yang menakutkan bagi masyarakat bahkan banyak petani yang melakukan budidaya, salah satunya budidaya belut Kebumen yang sudah terkenal karena memiliki omset yang lumayan besar. Belut sendiri merupakan salah satu jenis ikan namun berbeda dengan sidat. Ciri khas hewan belut ini yakni tidak bersisik, ketika bernafas bukaan insangnya sempit, bisa bernafas melalui udara, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Untuk membedakan belut dengan sidat lebih rinci yakni apabila sidat hidup di dalam laut dan terdapat yang hidup di dalam air tawar sedangkan belut bisa hidup di lumpur dan di air yang bersih. Nah, itulah perbedaan belut dan sidat yang hampir sama namun memiliki karakter yang berbeda.



Pada umumnya, untuk membudidayakan belut lebih mudah daripada membudidayakan ikan. Kini sudah terdapat metode terbaru untuk membudidayakan belut ini. Metode terbaru untuk membudidayakan belut di proses pembesarannya yakni dapat dilakukan di air jernih atau tanpa lumpur. Banyak petani yang melakukan hal tersebut di berbagai daerah. Misalnya budidaya belut Kediri yang menggunakan air bersih untuk pembesaran belut. 

Dengan melakukan metode tersebut, terbukti di dalam jangka waktu kurang lebih 1.5 bulan hingga 2 bulan proses pembesarannya sudah panjang sebesar telunjuk orang dewasa apabila menggunakan pakan cacing. Namun di dalam budidaya belut tidak semua harus menggunakan air bersih. Ingat, air bersih hanya digunakan pada tahap pembesaran sedangkan pada tahap pembenihan tetap harus menggunakan media lumpur.
Di dalam melakukan budidaya belut kemitraan atau kerja sama atau kelompok lebih baik menggunakan metode budidaya belut dengan medianya air bersih. Banyak keuntungan yang didapatkan apabila Anda dan kelompok membudidayakan belut dengan metode medianya air bersih. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah pertumbuhan belut dapat terkontrol selalu sehingga target produksi lebih ter-realistis dan jumlah penebaran bibit dapat mencapai 10 hingga 30 kali lipat apabila penyebarannya di lakukan di media lumpur. Dengan pengontrolan yang lebih mudah maka kemitraan akan saling percaya bahwa di dalam kelompok tersebut tidak ada yang curang karena Anda dan rekan kerja bisa mengontrol belut-belut tersebut.

Keuntungan yang bisa didapatkan petani belut apabila menggunakan media air bersih untuk membudidayakan belut adalah dapat meminimalkan angka kanibalisme. Artinya, apabila belut dibesarkan di dalam lumpur, maka belut jantan atau belut yang belum mencapai umur 6 hingga 8 bulan mempunyai sifat liar dan merasa berkuasa di tempat habitatnya tersebut. Sehingga apabila hidupnya merasa terganggu dengan adanya hewan lain maka kedua belut tersebut akan berkelahi atau saling menyerang. 

Sedangkan apabila belut dipelihara menggunakan media air yang bersih tanpa lumur, maka belut akan terlihat membutuhkan satu sama lain atau saling akrab. Itulah budidaya belut yang dilakukan oleh petani belut untuk memperoleh omset yang besar, seperti yang dilakukan oleh petani budidaya belut Kendal.
Seperti yang kita ketahui belut akan selalu bersembunyi di dalam lumpur yang mempunyai air walaupun sedikit namun kadang apabila terdapat lubang belut dan terdapat belut pasti terdapat air bersih. Budidaya belut kemitraan Klaten sudah terkenal menggunakan air bersih tanpa lumpur karena dengan menggunakan air bersih dapat menghemat dari segi biaya. Dengan menggunakan media air bersih petani belut tidak perlu mencari jerami, gedebog pisang dan lumpur untuk medianya. Namun dengan menggunakan air bersih dapat menghemat lahan di dalam pembuatan kolam dan pemberian pakan di air bersih yang disebar secara otomatis belut akan langsung melihat mangsanya.

Nah, apakah Anda sudah tertarik dengan melakukan budidaya belut Klaten? Dengan melakukan budidaya dalam bentuk kemitraan otomatis tidak perlu takut lagi mengenai subsidi modal dikarenakan banyak rekan yang akan memberikan modal untuk keperluan tertentu. 
Mari dibaca :  Artikel Tentang Budidaya atau Artikel Sebelumnya Budidaya Belut Jumbo Jiwan Madiun di Kolam atau Drum
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Budidaya Belut Kemitraan Klaten Jauh Lebih Menguntungkan"

Advertisement