Budidaya Belut Jumbo Jiwan Madiun di Kolam atau Drum

Sudah pernahkah Anda memakan belut atau melihat belut? Belut merupakan sekelompok ikan yang bentuknya hampir mirip dengan ular. Belut ini termasuk di dalam suku synbranchidae yang terdiri dari empat general dan totalnya sebanyak 20 jenis. Namun, 20 jenis tersebut masih belum diteliti lebih jauh sehingga jenis-jenis yang lain dan kemungkinan terus berubah. 
Anggota belut ini mempunyai sifat pantropic yang dapat ditemukan di semua daerah tropika. Kini banyak pebisnis yang membudidayakan belut, salah satunya yakni budidaya belut jiwan Madiun. Di Madiun sudah banyak petani belut karena belut dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dan usaha pokok yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.


Melakukan budidaya belut Jogja yang dilakukan oleh petani belut di Jogja lebih mudah dan sederhana. Namun, pada umumnya budidaya belut menggunakan serangkaian proses yang sama, akan tetapi dapat berbeda tergantung pengetahuan yang dimiliki oleh si petani belut tersebut. Melakukan budidaya belut ini lebih mudah daripada melakukan budidaya ikan, baik berupa ikan yang diternakkan maupun ikan untuk peliharaan. 
Masalah yang terjadi di dalam melakukan budidaya belut ini yakni sering terkendala pada mendapatkan bibit yang baik dan berkualitas. Bibit belut dapat diambil langsung melalui alam, namun bisa juga dibeli di tempat pembibitan bibit belut. Akan tetapi, bibit yang bersifat komersial saat ini sulit ditemukan dan menjadi hambatan bagi petani pemula.
Di dalam melakukan budidaya belut ini tidak sulit dan tidak mahal, bagi yang memiliki lahan sempit dapat dijadikan untuk memelihara belut. Pada dasarnya, teknik memelihara belut hanya memerlukan perhatian khusus pada pemilihan tempat, media pemeliharaan, pembuatan kolam, memilih benih, penetasan, makanan, perkembangbiakan belut, kebiasaan makan dan hama. 
Pada cara budidaya belut jombang yaitu dengan membuat kolam, namun apabila tidak mau membuat kolam maka beternak di dalam drum juga dapat digunakan untuk pemeliharaan belut. Perlu Anda ingat di dalam melakukan budidaya belut ini, belut akan cepat besar apabila medianya cocok dengan karakter belut tersebut. Sehingga di dalam melakukan budidaya belut di dalam kolam atau drum media menjadi perhatian paling utama.
Di dalam budidaya belut jumbo media yang paling baik untuk beternak belut di kolam atau di drum yakni lumpur kering, jerami padi, kompos, pupuk TSP dan mikroorganisme stater. Cara menggunakan media ini yaitu dengan mengatur peletakannya seperti pada bagian dasar kolam atau drum dilapisi jerami padi tebalnya kira-kira 50 cm. Di atas jerami padi disiram menggunakan 1 liter mikro organisme dan kompos 5 cm. 
Sedangkan untuk media paling atas adalah lumpur kering yang sudah dicampur dengan pupuk TSP 5 kg dan tingginya mencapai 25 cm. Karena di dalam beternak belut, belut memerlukan air sehingga di dalam kolam atau drum diberi air dengan tingginya mencapai 15 cm diukur dari media paling atas. Jangan lupa untuk menanami tanaman eceng gondok kira-kira ¾ besar kolam atau drum yang akan digunakan belut untuk tempat bersembunyi.


Seperti yang sudah diketahui bahwa belut adalah salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari oleh semua kalangan dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua dan lansia. Berbeda dengan sekarang, pada zaman dahulu masyarakat hanya mengenal belut liar atau belut sawah sehingga untuk mengkonsumsinya sangat sulit. 
Namun saat ini banyak petani yang melakukan budidaya belut misalnya petani budidaya belut Krawang yang menjadi petani yang mendapatkan omset yang lumayan besar. Karena banyak petani yang membudidayakan belut sehingga masyarakat tidak kesusahan untuk mendapatkan belut yang enak dan bergizi.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba melakukan budidaya belut Karawang dan jumbo jiwan Madiun ini? Dengan membaca secara seksama dan memahami bagian per bagian dari artikel di atas maka Anda akan mempunyai dasar-dasar yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang petani belut yang sukses dengan omset besar. 

Mari dibaca :  Artikel Tentang Budidaya atau Artikel Sebelumnya Budidaya Belut Jawa Timur dan Daerah Sekitarnya Mempunyai Prospek Yang Tinggi
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Budidaya Belut Jumbo Jiwan Madiun di Kolam atau Drum"

Advertisement