Peluang Budidaya Belut lokal dan Jenisnya

Inilah ulasan tentang budidaya belut lengkap dengan cara dan panduan usaha pembesaran belut. Saat ini belut mulai dibudidayakan menggunakan kolam buatan, hal ini disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu sehingga sulit mendapatkan belut di habitat aslinya. Budidaya belut menggunakan kolam caranya hampir sama dengan budidaya ikan kolam. Hanya saja, budi daya belut di kolam terdapat endapan lumpur yang bisa kita buat sendiri. Cara membuat kolamnya juga sangat mudah dan biayanya juga tidak mahal, misalnya membuat kolam lumpur menggunakan terpal. Cara ini tentu lebih hemat dibanding dengan membuat kolam permanen. Material untuk membuat kolam terpal juga mudah didapatkan serta cepat proses pemasangan maupun saat membongkarnya kembali.

Jenis Belut Lindung, Listrik, Lokal

Belut lindung merupakan salah satu varian belut yang ada di Indonesia, bentuknya bisa lebih besar dan habitatnya ada di daerah aliran sungai atau rawa yang ada campuran air asin. Jenis belut ini mulai dibudidayakan di kolam buatan sekitar tahun 1995 oleh masyarakat pesisir atau daerah rawa pasang surut. Memanfaatkan lahan berair dibuat seperti tambak. Cara merawat belut ini lebih sulit dibanding belut lainnya. 


Tetapi harganya cukup mahal, Anda bisa budidaya belut lindung apabila ingin mendapatkan panen melimpah dan harga jualnya yang tinggi. Anda bisa mencari tips merawat dan menangkar belut lindung supaya lebih menguasai cara dan perawatan yang benar supaya tidak gagal dalam budidaya belut.
Satu lagi jenis belut yang mempunyai nilai jual tinggi yaitu belut listrik. Tetapi jenis belut ini merupakan belut laut yang habitatnya berada di dasar laut dengan kedalaman sekitar 3-5 meter. Belut listrik bisa dijumpai didaerah laguna, segara anakan dan pantai yang terdapat endapan lumpur. 
Namun, Anda harus berhati-hati jika membudidayakan belut listrik, seperti namanya belut listrik juga bisa menyengat tegangan listrik apabila disentuh. Belut ini bisa tumbuh besar dan kandungan gizinya, terutama protein dan omega 3 nya tinggi. Belut ini bisa dibudidayakan menggunakan kolam buatan maupun membuat kolam tanah. Budidaya belut listrik bisa kita jumpai di daerah pesisir seperti Jawa Tengah, Selat Madura dan sebagainya.
Kita bisa sering melihat pada musim penghujan sawah tergenang air, pada musim inilah belut lokal mulai banyak keluar dari lubang sarangnya. Pada musim penghujan banyak pemancing belut tradisional yang memancing belut. Namun, karena cuaca yang tidak pasti membuat belut lokal saat ini banyak yang dibudidayakan di kolam buatan, menggunakan lumpur pada bagian dasar kolam. 

Cara merawat dan membudidayakan belut lokal lebih mudah dan jenis pakan yang diberikan juga bebas, muai dari nasi, roti, cacing atau mikroorganisme dari dalam lumpur. Bagi Anda yang masih pemula sangat cocok untuk belajar budidaya belut lokal sebelum mencoba budidaya jenis belut lainnya.

Ada salah satu daerah yang terkenal dengan hasil budidaya belut lokal yaitu Lombok. Banyak masyarakat Lombok yang membudidayakan belut lokal dan menjadi mata pencaharian sehari-hari. Belut lokal Lombok memiliki keunggulan dan dagingnya lebih enak sehingga belut lokal dari Lombok banyak peminatnya, banyak wisatawan asing yang datang menikmati olahan belut lokal. Budidaya belut Lombok juga sudah menjadi ciri khas Lombok sebagai kota agraris. Sekian ulasan seputar budidaya belut, semoga bermanfaat untuk pengetahuan Anda. Meskipun singkat semoga biasa memberi gambaran untuk Anda berencana untuk budidaya belut. Nantikan pembahasan tentang budidaya perikanan lainnya.
Advertisement

Tidak menemukan yang anda cari ? coba kotak pencarian dibawah ini !

0 Response to "Peluang Budidaya Belut lokal dan Jenisnya"

Advertisement