Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kalimaya, Akik Jenis Batu Permata Kalimaya Yang Langka

Sebuah batu mulia yang bisa membanggakan Indonesia adalah batu Kalimaya. Mengapa? Karena batu ini tergolong sebagai batu langka di dunia dan hanya bisa ditambang di tempat tertentu yang tidak banyak jumlahnya. Ternyata selain Australia dan Afrika, Indonesia juga termasuk wilayah penghasil batu Kalimaya. 

Tepatnya di daerah Banten, batu ini biasa ditambang dengan cara sederhana dan nuansa mitos yang sangat kental. Jenis kalimaya Banten juga beragam, tidak kalah dibandingkan dengan batu Kalimaya dari daerah lain. Hampir semua jenis batu kalimaya yang bisa didapatkan di negara lain juga bisa ditambang di Banten.

Mengenal Jenis Batu Kalimaya Asal Banten

Namun tidak semua orang bisa menambang apalagi menemukan bongkahan batu kalimaya, begitu kabar mitos dari Banten. Semakin langka jenis satu batu Kalimaya, maka orang menemukannya juga semakin sedikit. Bahkan tak jarang orang-orang yang bisa menambang dan menemukan batu kalimaya di Banten hanyalah orang yang sudah terpilih untuk menerima wangsit. Terlepas dari benar tidaknya mitos ini, mari kita beralih saja untuk mengenal jenis-jenis Kalimaya yang biasa digandrungi oleh para pecinta batu mulia.

Jenis-jenis batu kalimaya yang dikenal oleh masyarakat luas dan tergolong langka ini adalah:

Batu kalimaya Kristal bening







Memiliki karakteristik warna bening yang mencolok, seperti air jernih yang bertaburan bintang warna-warni.

Batu Kalimaya semburat pelangi


Jenis batu mulia kalimaya pelangi hampir menyerupai batu kalimaya kristal bening, namun semburat warna-warninya tampak lebih banyak dan terlihat mendominasi bongkahan batu. Sangat indah bila terpapar cahaya.

Batu kalimaya susu


Batu kalimaya satu ini bernama batu kalimaya susu karena warnanya yang putih bersih seperti air susu.

Batu Kalimaya Air kelapa


Batu kalimaya yang bernama kalimaya air kelapa memiliki warna putih seperti kalimaya susu, namun tidak terlalu pekat dan terlalu bersih. Lebih menyerupai batu kalimaya bening yang berwarna keputihan.

Batu kalimaya teh Banten


Batu kalimaya teh merupakan yang paling populer di pasar lokal Banten dan Indonesia. Dengan nuansa kecoklatannya, batu ini tampak lebih menawan sekaligus memberi kesan lembut.

Batu Kalimaya Black opal


Batu ini merupakan jenis batu kalimaya paling langka yang selalu diburu. Batu kalimaya black opal adalah satu jenis kalimaya yang paling mahal di pasar batu mulia. Batu ini memiliki warna hitam pekat namun tampak bening karena skala karatnya yang tinggi.


Perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan batu kalimaya dengan karat yang tinggi bisa dikatakan cukup sulit, apalagi kalimaya yang berwarna hitam pekat. Kalimaya yang lebih mudah didapatkan adalah kalimaya dengan karat kadar 6-7 mohs yang tidak terlalu keras dan biasanya diimpor dari Afrika. Jenis batu permata kalimaya dengan karat tinggi bisa dihargai ratusan juta per bongkahnya.